Pages

Thursday, January 27, 2011

Bangkok

Banyak drama terjadi di Thailand. Namun, drama yang satu ini jadi istimewa karena Menteri Keuangan Korn Chatikavanij turut bermain dalam sebuah opera sabun. Hal itu dilakukan untuk mendukung propaganda pemerintah dalam televisi komersial.

Korn tampil dalam opera sabun Wanida guna mempromosikan sebuah program pemerintah untuk membantu masyarakat yang terjerat utang hebat. Dalam pertunjukan itu, seorang tokoh yang memiliki hutang mengatakan telah menemukan cara untuk menghindari jerat hutang itu.

Sesaat kemudian, Korn tampil di sebuah aula untuk menjelaskan bagaimana program itu dijalankan. "Pemerintah Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva telah membantu lebih dari 500.000 orang dan mengurangi hutang sekitar 3 miliar baht atau 100 juta dollar AS per bulan. Untunglah Pak Prajuah telah terdaftar dalam program tersebut" kata Korn mengacu pada tokoh yang terlilit hutang itu.

Menjelang pemilu tahun depan, pemerintah Korn telah memberlakukan beberapa kebijakan yang populis untuk membantu mendapatkan perhatian dari masyarakat di kawasan utara. Sebagian besar penduduk di kawasan itu adalah pendukung "Kaus Merah" yang anti pemerintah.

Kelompok ini melakukan demonstrasi besar di jalan-jalan Bangkok tahun ini. September lalu, kabinet meloloskan rancangan undang-undang yang mengatur pengumpulan dana oleh institusi financial yang terkait dengan rentenir.

No comments:

Post a Comment